PAPDESI Jatim Berkomitmen Perjuangkan Kemandirian Ekonomi Desa

PAPDESI Jatim Berkomitmen Perjuangkan Kemandirian Ekonomi Desa
DPD PAPDESI Jatim berkomitmen untuk memperjuangkan kemandirian ekonomi desa. Dok DPD PAPDESI.

jpnn.com, MOJOKERTO - Dewan Pengurus Daerah Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Jawa Timur (DPD PAPDESI Jatim) berkomitmen untuk memperjuangkan kemandirian ekonomi desa.

Hal itu disampaikan Ketua DPD PAPDESI Jatim Jurianto Bambang seusai Rakor Kepala Desa dalam mengawal Revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 di Padepokan Cahaya Putra Hotel, Trawas, Kabupaten Mojokerto, Senin (22/5).

Jurianto menjelaskan saat ini PAPDESI Jatim telah bekerja sama dengan berbagai stakeholder agar kemandirian ekonomi desa bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Salah satu kerja sama sudah dilakukan bersama pihak perbankan.

Menurut Jurianto, geliat ekonomi pedesaan dapat bertumbuh melalui penyediaan akses perbankan berbunga rendah. Tentunya hal ini akan mensupport pengembangan ekonomi desa dan masyarakatnya.

“Sudah marak kredit-kredit yang sekiranya itu bunganya tinggi. Dengan kerja sama perbankan, bisa membantu sehingga nanti ekonomi di desa bisa bertumbuh,” kata Jurianto dalam siaran persnya, Senin.

Jurianto mengatakan kerja sama tersebut memungkikan akses perbankan diberikan untuk menyokong sektor ekonomi unggulan di masing-masing desa seperti pariwisata hingga UMKM.

“Kalau memang tidak potensinya di wisata, ya kami dukung dengan potensinya yang lain. Produk unggulan, atau yang lain, yang penting nanti itu perkembangan ekonomi di desa dengan perbankan bisa baik dan sesuai dengan rencana APBD,” kata dia.

Jurianto menerangkan bahwa kerja sama terkait permodalan juga sudah dikerjasamakan dengan berbagai BUMDes dan BUMDesma di Jatim. Hal ini dapat menjadi pendongkrak ekonomi sampai ke tingkat nasional.

PAPDESI Jatim menjalin kerja sama dengan perbankan untuk memperjuangkan kemandirian ekonomi desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News