Papdesi Kalsel Gelar Rakerda dan Bahas Pengembangan Potensi Desa

Papdesi Kalsel Gelar Rakerda dan Bahas Pengembangan Potensi Desa
Rakerda DPD Papdesi Kalsel. Dok Papdesi.

jpnn.com, BANJARMASIN - DPD Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar rapat kerja daerah (rakerda) di Hotel G'sign, Banjarmasin.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan kepala desa dari berbagai kabupaten di Kalsel, di antaranya Kabupaten Kota Bambu, Tanah Bumbu, Banjar, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tanah Laut, Barito Kuala, Tabalong, dan Hulu Sungai Utara.

Ketua DPD Papdesi Kalsel Mahluki menjelaskan terdapat beberapa hal yang dibahas dalam rakerda itu. Salah satunya adalah pengembangan potensi yang dimiliki desa di Kalsel.

"Kebetulan Kalimantan Selatan itu banyak daerah pertanian, nelayan, dan ada banyak sekali potensi yang perlu digali di situ," ujar Mahluki dalam siaran persnya, Senin (6/3).

Dia mengatakan pengembangan potensi desa menjadi penting untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). PAD tersebut berguna untuk membangun desa yang lebih sejahtera.

Selain itu, DPD Papdesi Kalsel juga mendorong adanya optimalisasi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk memasarkan produk-produk hasil desa.

"Kami masih ketinggalan dengan kawan-kawan di Pulau Jawa. Melalui BUMDes pun ini masih belum bisa kami maksimalkan, bagaimana produk-produk daerah itu akan dikembangkan menjadi pendapatan asli daerah," ujar dia.

Mahluki menuturkan bahwa momen rakerda ini juga bertujuan untuk merangkum aspirasi para kepala desa di Kalsel.

DPD Papdesi Kalsel menggelar rapat kerja daerah dan membahas berbagai isu tentang desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News