Para Gubernur Diminta Siapkan Sejumlah Langkah Jelang Nataru

Para Gubernur Diminta Siapkan Sejumlah Langkah Jelang Nataru
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan telah mempersiapkan langkah-langkah dalam penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dalam surat edaran bernomor AJ 201/2/7 PHB 2018 yang ditujukan kepada Gubernur seluruh Indonesia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menyampaikan perlunya koordinasi antar instansi yang terlibat.

Senada dengan surat tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi mengatakan, perlu ada sinergitas antar instansi untuk menangani penyelenggaraan Angkutan Nataru 2018.

“Bagi para gubernur dan petugas yang ada di daerah, perlu ada sinergitas penanganan yang komprehensif, juga diharapkan untuk berkoordinasi sesuai tugas maupun fungsinya masing-masing,” jelas Budi.

Selain itu, Budi mengimbau untuk tetap mengantisipasi kemacetan yang disebabkan peningkatan volume kendaraan yang akan memenuhi jalan pada saat libur natal dan Tahun Baru nanti. 

“Untuk antisipasi kemacetan lalu lintas, kami telah menugaskan Dinas Perhubungan setempat untuk melakukan ramp check, pengecekan prasarana, maupun pengecekan bagi Sumber Daya Manusia yang bertugas dengan tes kesehatan dan cek narkoba,” kata Budi.

Tak hanya mengenai persiapan ramp check, dalam surat tersebut, Menhub meminta para Gubernur untuk menyiapkan posko di wilayah yang menjadi kewenangannya. 

“Untuk di daerah wisata maupun titik yang rawan kemacetan, Menhub minta untuk disiapkan posko misalnya di terminal, bandara, pelabuhan maupun di daerah kantor masing- masing," ucap Budi.

Untuk antisipasi kemacetan lalu lintas, kami telah menugaskan Dinas Perhubungan setempat untuk melakukan ramp check, pengecekan prasarana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News