Para Ketum Parpol Pendukung Ganjar Bikin Simulasi Bakal Cawapres, Ada 5 Pertimbangan

Para Ketum Parpol Pendukung Ganjar Bikin Simulasi Bakal Cawapres, Ada 5 Pertimbangan
Ketua Bidang Perekonomian DPP PDI Perjuangan Said Abdullah. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Belakangan ini sejumlah nama disebut-sebut berpotensi menjadi bakal cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Moh Mahfud MD dan Ridwan Kamil menjadi dua nama yang akhir-akhir ini menguat sebagai calon pendamping bakal capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo itu.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Said Abdullah mengatakan para ketua umum parpol pendukung Ganjar tengah melakukan simulasi tentang nama-nama bakal cawapres.

Menurut Said, Ketua Bidang Politik DPP PDIP Puan Maharani juga telah menyampaikan sejumlah nama yang masuk dalam radar bakal cawapres pendamping mantan gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu.

"Muncullah nama nama kandidat sebagaimana yang disebutkan oleh Mbak Puan, seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabumi, dan belakang ada Ridwan Kamil dan Mahfud MD," kata Said di Jakarta, Selasa (12/9).

Politikus senior yang juga legislator PDIP di DPR itu menjelaskan terdapat lima hal yang menjadi pertimbangan menentukan cawapres.

Pertimbangan pertama ialah watak ideologis yang menunjukkan keberpihakan kandidat terhadap kepentingan nasional.

Kedua, bakal cawapres untuk Ganjar harus merepresentasikan aspek kewilayahan, latar belakang, rekam jejak, jiwa kerakyatan, dan kenegaraan.

Said Abdullah mengatakan ada lima pertimbangan bagi para ketua umum parpol pendukung Ganjar Pranowo untuk menentukan bakal cawapres yang akan diusung.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News