Para Pemimpin ASEAN Rilis Tiga Pernyataan Bersama

Para Pemimpin ASEAN Rilis Tiga Pernyataan Bersama
TUTUP - Sejumlah menteri KIB II tampak ikut hadir mendampingi SBY yang menggelar jumpa pers usai penutupan KTT ASEAN ke-18 di JCC. Foto: Arsito/JPNN.
JAKARTA - Para pemimpin ASEAN menyatakan menyetujui tiga kesepakatan bersama. Ketiga kesepakatan adalah terkait dengan komunitas ASEAN sebagai bagian dari komunitas negara-negara di dunia, pembentukan Institut ASEAN untuk perdamaian dan rekonsiliasi, serta penguatan kerja sama melawan perdagangan manusia di kawasan Asia Tenggara.

Hal tersebut mengemuka dalam pidato mereka dalam penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta, Ahad (8/5).

Di samping itu juga dibahas mengenai penerapan cetak biru komunitas ASEAN. Termasuk juga mengenai promosi dan perlindungan terhadap pekerja migran, penanganan pembajakan, dan kerja sama ASEAN di tingkat menteri-menteri pertahanan, serta ASEAN regional forum dan East Asia Summit (EAS).

Dalam konferensi persnya, Presiden susilo Bambang Yudhoyono sebagai pimpinan ASEAN mengatakan konektivitas ASEAN menjadi perhatian utama. Ia mengatakan seluruh pemimpin ASEAN menggarisbawahi, tujuan membangun konektivitas ASEAN harus diwujudkan, dan untuk itulah master plan yang berkaitan dengan konetivitas harus diselesaaikan.

JAKARTA - Para pemimpin ASEAN menyatakan menyetujui tiga kesepakatan bersama. Ketiga kesepakatan adalah terkait dengan komunitas ASEAN sebagai bagian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News