Para Veteran Jadi Inspirasi Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Para Veteran Jadi Inspirasi Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Rombongan Legiun Veteran Republik Indonesia Cabang Banjarmasin saat berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Brigjen Hasan Basry di Liang Anggang, Banjarbaru, kemarin (2/1). Foto: Syarafuddin/Radar Banjarmasin/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia memperingati sebagai Veteran Nasional pada hari ini.

Menurut Ketua DPR Setya Novanto, secara khusus hari ini dipersembahkan sebagai momentum mengenang jasa para veteran dalam memerdekakan bangsa Indonesia.

"Para veteran tanpa pamrih merelakan hidupnya dengan berjuang, mengorbankan jiwa, raga, dan harta, serta mengabdikan diri merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Di usia yang tak lagi muda, saya kagum para veteran tetap semangat mengisi kemerdekaan," ujar Novanto di Jakarta.

Tergabung dalam wadah Legiun Veteran Republik Indonesia, menurutnya, mereka tak jenuh menggelorakan kesadaran pentingnya persatuan dan kesatuan dalam koridor Bhinneka Tunggal Ika.

"Jangan sampai kita menodai semangat mereka dengan menafikan kebinekaan yang sudah menjadi kenyataan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," imbuhnya.

Dia menegaskan, sikap patriot yang telah ditunjukan para veteran harus menjadi cambuk bagi generasi muda bangsa agar bisa mengisi kemerdekaan dengan lebih baik lagi.

"Saya yakin para veteran dan pahlawan yang telah mendahului kita tidak akan sudi jika kemerdekaan yang telah mereka perjuangkan malah disia-siakan oleh generasi bangsa," imbuhnya.

Sebagai bentuk penghormatan dan balas jasa terhadap veteran, dia mengatakan, DPR RI telah mengeluarkan UU Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran Indonesia.

Indonesia memperingati sebagai Veteran Nasional pada hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News