PARAH HABIS, Di Daerah Ini WNA Bisa Nyoblos, WNI Malah Dilarang

PARAH HABIS, Di Daerah Ini WNA Bisa Nyoblos, WNI Malah Dilarang
Ilustrasi. foto: dokumen JPNN.com

jpnn.com - ANAMBAS - Naynu Philaiwan atau M. Umar (45) warga negara Thailand yang tinggal di desa Kuala Maras kecamatan jemaja Timur ternyata ikut mensukseskan pelaksanaan pemilukada pada 9 Desember lalu. 

Ia ikut nyoblos disalah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di desa Kuala Maras tempat ia tinggal. Diduga dirinya masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) karena pada saat itu dirinya mendapatkan surat undangan memilih yang sah dari desa tersebut.

"Saya dapat undangan nyoblos. Tapi saya tidak tahu di TPS berapa yang pasti saya ikut nyoblos di TPS yang ada di kantor BPD desa Kuala maras," ungkapnya kepada wartawan kemarin.

Karena warga asing dapat dengan mudah memilih kepala daerah dan wakil kepada daerah, maka hal ini justru tidak adil karena masih banyak warga Anambas yang tidak terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap. 

Arthur misalnya meski dirinya sudah tinggal di Anambas selama beberapa tahun, namun pada pemilukada 9 Desember lalu dirinya tidak memilih karena dirinya tidak terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap dalamDPT.

Sementara itu saat akan ikut nyoblos dengan KTP dirinya juga tidak bisa lantaran dirinya juga kesulitan mendapatkan KTP di Anambas. "Saya tidak nyoblos, karena tak punya KTP," ungkapnya.

Ia mengaku kesulitan untuk mendapatkan KTP Anambas sehingga dengan berat hati dirinya tidak memilih. Yang ia herankan kenapa WNA bisa memilih. "Bagaimana itu bisa terjadi, darimana ia dapat KTP, saya saja yang asli Indonesia tidak bisa urus KTP," ungkapnya.

Sementara itu Hery Hendriko sebagai Tokoh masyarakat Anambas juga mengatakan, pemerintah daerah Anambas dalam pengawasan bagi WNA yang keluar masuk ke daerah Anambas sangat lemah, apalagi salah seorang WNA dengan mudah mendapatkan beberapa dokumen negara yang sah. 

ANAMBAS - Naynu Philaiwan atau M. Umar (45) warga negara Thailand yang tinggal di desa Kuala Maras kecamatan jemaja Timur ternyata ikut mensukseskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News