Paripurna DPD Tolak Hasil Pansus Ambalat

Paripurna DPD Tolak Hasil Pansus Ambalat
Paripurna DPD Tolak Hasil Pansus Ambalat
JAKARTA- Setelah melewati perdebatan alot, paripurna DPD RI yang dipimpin Ginandjar Kartasasmita memutuskan menolak mengesahkan hasil Pansus Ambalat. Pansus diminta memperbaiki usulan maupun rekomendasinya untuk kemudian akan diputuskan pada masa sidang berikutnya.

“Hasil Pansus Ambalat dan kawasan perbatasan belum bisa kita sahkan hari ini. Karena masih banyak yang harus diperbaiki dan disempurnakan lagi,” ucap Ginandjar dalam sidang paripurna DPD RI, Kamis (2/7).

Beberapa pointer yang diminta perbaiki adalah penyelesaian klaim dari Malaysia soal blok Ambalat lewat perundingan delimitasi batas maupun diplomasi. Selain itu penyelesaian Ambalat lewat jalan damai baik melalui diplomasi bilateral, trilateral dengan menggunakan pihak ketiga maupun organisasi regional seperti forum ASEN. Juga usulan pembentukan kementerian kawasan desa tertinggal.

“Beberapa poin yang dibahas dalam paripurna DPD ini, mohon dipertimbangkan oleh Pansus. Karena memang usulan Pansus tidak ada yang baru dan terlalu biasa saja. Diplomasi sudah sering dilakukan pemerintah, sehingga Pansus harus mencari langkah penyelesaian yang lain,” tegas Ginandjar. (esy/JPNN)

JAKARTA- Setelah melewati perdebatan alot, paripurna DPD RI yang dipimpin Ginandjar Kartasasmita memutuskan menolak mengesahkan hasil Pansus Ambalat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News