Parlemen Illinois impeach Rod Blagojevich

Parlemen Illinois impeach Rod Blagojevich
Parlemen Illinois impeach Rod Blagojevich
CHICAGO – Rod Blagojevich kemungkinan tak akan lama lagi bertahan sebagai Gubernur Illinois. Setelah terungkap berupaya menjual kursi senat yang ditinggalkan Barack Obama usai terpilih sebagai presiden Amerika Serikat, kasus skandal tersebut makin deras bergelinding memojokkan dirinya. Info terbaru, Senin malam waktu setempat atau Selasa pagi (16/12),  parlemen Illinois telah satu suara menerima usulan impeachment dari kubu demokrat dan republik.

Dari hasil voting di parlemen, sebanyak 113-0 setuju membentuk badan bipartisan yang bertugas menentukan dakwaan terhadap Blagojevich. Salah satu unsur dakwaan itu adalah pelengseran dari jabatan dan pelanggaran kekuasaan. ’’Kami tengah menyiapkan pemeriksaan pengadilan di senat (negara bagian),’’ kata Ketua Parlemen Illinois, Mike Madigan kepada Reuters. Madigan juga berjanji segera menuntaskan kasus ini dalam waktu dekat.

Dalam hal impeachment ini, parlemen juga membentuk panel beranggotakan 12 orang dari demokrat dan sembilan dari kubu republik. Keputusannya baru ditentukan beberapa minggu ke depan setelah proses hearing selesai. Badan ini berhak memanggil dan atau memaksa pihak-pihak terkait untuk bersaksi. Itu untuk memperkukuh dan mengembangkan informasi yang diperoleh dari kantor pengacara Amerika Serikat atau hasil investigasi federal terhadap sang gubernur nakal.            

Sebagai gubernur, sesuai undang-undang, Blagojevich mempunyai kekuasaan untuk menunjuk anggota senat pengganti Obama yang mundur bulan lalu. Namun dia malah menyalahgunakan wewenang itu untuk meraih keuntungan pribadi. Jika Blagojevich dilengserkan, ia akan digantikan Letnan Gubernur Patrick Quinn yang sebelumnya mendesak gubernur menggundurkan diri. (ape)

CHICAGO – Rod Blagojevich kemungkinan tak akan lama lagi bertahan sebagai Gubernur Illinois. Setelah terungkap berupaya menjual kursi senat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News