Partai Buruh Tegaskan Usung Nikson-Mauliate

Partai Buruh Tegaskan Usung Nikson-Mauliate
Partai Buruh Tegaskan Usung Nikson-Mauliate

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Partai Buruh, Sonny Pudjisasono, dengan tegas menyatakan DPP Partai Buruh memberikan dukungan dan mengeluarkan surat rekomendasi kepada pasangan calon Nikson Nababan-Mauliate Simorangkir, untuk mengikuti pemilihan Bupati Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, periode 2014-2019.

Penjelasan tersebut ia kemukakan saat hadir sebagai saksi dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pemilihan Bupati Taput, yang digelar di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (6/11).

Menurut Sonny, Partai Buruh pada awalnya memang bermaksud memberi dukungan pada pasangan calon Bupati Pinondang Simanjuntak-Ampuan Situmeang. Bahkan untuk memerkuat dukungan, DPP sempat mengeluarkan surat rekomendasi, agar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Buruh Taput, melakukan langkah-langkah guna memastikan pemenuhan syarat administrasi pasangan Pinondang-Ampuan yang ditetapkan Partai Buruh.

"Tapi sampai tanggal 1 Juli 2013, Pinondang-Ampuan tidak memenuhi persyaratan administrasi. Dan atas hal tersebut, DPC melaporkannya kepada DPP," ujar Sonny dalam sidang PHPU yang digelar atas gugatan lima pasangan calon Bupati.

Masing-masing Ratna Ester Lumbantobing-Refer Harianja, Bangkit Parulian Silaban-David Hutabarat, Banjir Simanjuntak-Maruhum Situmeang, Margan Sibarani-Sutan Maruli Tua Nababan dan Pinondang Simanjuntak-Ampuan Situmeang.

Atas laporan ini, DPP kata Sonny, akhirnya mengambil sikap. Dukungan dialihkan pada pasangan calon yang dalam sidang kali ini berstatus sebagai pihak terkait II, Nikson-Mauliate. Menurutnya ada dua alasan yang melatarbelakangi. Pertama, karena hingga batas akhir Pinondang-Ampuan belum juga memenuhi syarat administrasi yang ditetapkan DPP Partai Buruh.

Alasan lain, batas waktu masa pendaftaran paslon untuk pilkada Taput, sudah akan  berakhir 6 Juli. Artinya, Partai Buruh hanya memiliki lima hari guna menentukan sikap. Jika tidak, maka terancam tidak bisa memberi dukungan pada paslon mana pun.

"Tentu kita tidak ingin tinggal diam dan hanya menjadi penonton. Karena sampai saat ini Partai Buruh dalam semua pilkada yang berlangsung di tanah air, selalu ikut berkontribusi memberi dukungan pada salah satu pasangan calon," katanya.

JAKARTA - Ketua Umum Partai Buruh, Sonny Pudjisasono, dengan tegas menyatakan DPP Partai Buruh memberikan dukungan dan mengeluarkan surat rekomendasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News