Partai Demokrat Sulsel Bakal Pecat Empat Kader yang Ikut KLB Deli Serdang

Partai Demokrat Sulsel Bakal Pecat Empat Kader yang Ikut KLB Deli Serdang
Suasana Rapat Koordinasi dan Apel Siaga pengurus DPD dan DPC Partai Demokrat Sulsel menolak pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang, Sumatera Utara, di Hotel Claro belum lama ini. (ANTARA/Darwin Fatir)

jpnn.com, MAKASSAR - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memastikan empat ketua dewan pimpinan cabang (DPC) PD kabupaten yang mengikuti kongres luar biasa atau KLB di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) dipecat dari kepengurusan partai.

Empat ketua DPC tersebut diketahui dari Kabupaten Pangkep yakni Andi M Ridha, Ketua DPC Sidrap Andi Insan P Tanri, Ketua DPC Barru Andi Hairuddin, dan Ketua DPC Takalar Ikrar Kamaruddin.

"Segera, pekan ini kami sudah pastikan empat orang itu. Laporannya sudah dikirim, nanti DPP yang menetapkan," kata Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel Ni'matullah Erbe di Makassar, Kamis (11/3).

Namun, wakil ketua DPRD Sulsel ini menegaskan bahwa tidak menutup kemungkinan masih ada kader terindikasi ikut KLB Demokrat tersebut, selain empat ketua DPC yang sudah dipastikan tersebut.

"Ada desas-desus masih ada dua kader lain ikut saat pelaksanaan KLB itu, tetapi masih diinvestigasi apakah ikut atau tidak,” ungkapnya.

Dia menegaskan bahwa DPP Partai Demokrat saat ini masih mengumpulkan bukti-bukti terkait persoalan KLB tersebut. “Kalau terbukti tentu dikenakan sanksi berat, yakni pemecatan," kata pria yang akrab disapa Ulla itu.

Dia berharap, tidak ada lagi kader yang ikut terlibat saat momen KLB, selain empat orang tersebut yang sudah dipastikan penggantinya dalam hal ini pelaksana tugas (plt) ketua DPC agar tidak terjadi kekosongan jabatan di daerah setempat.

Ulla pun sudah mengingatkan seluruh ketua, sekretaris, dan kader atau pemilik suara, termasuk empat orang yang dimaksud itu untuk tidak ikut serta dalam KLB Demokrat, karena melanggar aturan partai dan sifatnya ilegal dan inkonstitusional.

Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel Ni'matullah Erbe menyatakan tidak menutup kemungkinan masih ada kader lain selaim empat ketua DPC yang ikut KLB Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara. Dia menegaskan, bila terbukti pasti akan dipecat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News