Partai Tak Lolos, Legislator Tunggu Arahan

Partai Tak Lolos, Legislator Tunggu Arahan
Partai Tak Lolos, Legislator Tunggu Arahan
MAKASSAR - Nasib sejumlah legislator Sulsel kini berada di ujung tanduk setelah KPU memutuskan hanya 10 partai yang bisa meramaikan Pileg mendatang. Bagaimana dengan legislator lain yang partainya dinyatakan tumbang?

Di DPRD Sulsel sendiri sejauh ini tercatat lebih dari 10 legislator yang partainya dinyatakan tidak lolos dalam penetapan KPU lalu diantaranya PDK, PKPI, PDS, PBR dan beberapa partai lain. Terkait hal ini, politisi Sulsel yang partainya dinyatakan tumbang itu mengaku belum menetapkan sikap dan putusan masing-masing. Rata-rata mereka menunggu kebijakan DPP masing-masing untuk mengarahkan bergabung ke partai tertentu.

Politisi Partai Damai Sejahtera (PDS) Sulsel, Paulus Tandiongan misalnya menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu kebijakan DPP terkait arah afiliasi mereka. Dia juga menegaskan bahwa karir politiknya tidak akan berhenti dengan adanya vonis KPU tersebut. PDS juga sejauh ini mengajukan gugatan ke PT TUN bersama beberapa partai yang dinyatakan tidak lolos, dan berharap mendapat keberpihakan saat hasilnya diumumkan.

Kalaupun langkah tersebut tidak membuahkan hasil maka partainya siap menempuh opsi lain dengan berafiliasi ke partai tertentu. Walau belum ada penetapan, namun dia mengurai arah kebijakan DPP PDS saat ini terlihat condong pada setidaknya tiga partai yakni Gerindra, Hanura dan PKB. Keputusannya baru diketahui saat Rapimnas di Jakarta 14 Februari mendatang. Secara pribadi, pihaknya pun mengaku punya komunikasi yang baik dengan semua politisi dan partai di Sulsel termasuk ketiga partai tersebut.

MAKASSAR - Nasib sejumlah legislator Sulsel kini berada di ujung tanduk setelah KPU memutuskan hanya 10 partai yang bisa meramaikan Pileg mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News