JPNN.com

Pascamudik, Periksa Ulang 4 Sektor di Mobil Sebelum Masuk Kerja

Senin, 10 Juni 2019 – 14:47 WIB Pascamudik, Periksa Ulang 4 Sektor di Mobil Sebelum Masuk Kerja - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemeriksaan mobil pribadi setelah perjalanan mudik dari kampung halaman tentu wajib dilakukan. Sehingga saat digunakan pada aktivitas sehari-hari tetap prima.

Idealnya, seluruh sektor harus diperiksa ulang mulai dari mesin, kaki-kaki atau bagian-bagian yang mudah dilakukan sendiri meliputi eksterior dan interior.

BACA JUGA: Pilihan Bengkel dengan Layanan Lengkap di Depok

1. Sektor mesin.
a. Periksa oli mesin, apakah jumlahnya berkurang atau tidak. Jika berkurang sebaiknya ditambah lagi. Atau lakukan penggantian oli mesin baru. Biasanya mengganti oli mobil setiap 3.000 sampai 5.000 mil.
b. Selain itu, pastikan juga filter oli. Tak ada salahnya mengganti filter oli lebih cepat tentu hasilnya juga lebih bagus.
c. Periksa radiator, guna memastikan suhu mesin mobil tetap dingin. Pemeriksaan meliputi cek kebocoran, pengurasan dan penggantian air. Idealnya ganti air radiator sekitar 10.000 km.
d. Periksa kuantitas minyak rem di tabung master rem. Jika berkurang, tambahkan sampai batas level maksimum.
e. Periksa juga timing belt, yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang terhubung ke bagian internal mesin. Jangan sampai menunggu muncul suara-suara berdecit atau bising.

Menjaga performa mesin, pastikan mobil tetap rutin melakukan tune up di bengkel, terutama pada komponen-komponen vital.

2. Sektor kaki-kaki
a. Biasanya, setelah perjalanan jauh dan banyak melewati atau menghantam jalan bebatuan atau berlubang, membuat kondisi roda-roda mobil tidak lagi sejajar. Oleh karena itu, sebaiknya untuk melakukan spooring dan balancing roda.

3.Sektor eksterior
Pada bagian luar, selain memeriksa bagian bodi, Disarankan memerhatikan bagian kaca dari serangan jamur. Kotoran dan residu mempercepat hal tersebut juga pada cat.

4. Sektor interior
Dalam hal ini, Anda cukup memastikan kebersihan kabin dari kotoran sisa makanan pascamudik. Bersihkan dasbor dan bagian lantai, karpet serta sela-sela jok menggunakan vakum cleaner. Pastikan cairan pembersih yang tepat untuk menghilangkan noda-noda di jok, sesuaikan ke jenis lapisan joknya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...