Paser Diguncang Gempa Berkekuatan 4,5 Magnitudo, Terasa Hingga Kawasan IKN

Paser Diguncang Gempa Berkekuatan 4,5 Magnitudo, Terasa Hingga Kawasan IKN
Gempa bumi terjadi di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (1/3) sore. Ilustrasi Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, PASER - Gempa bumi berkekuatan 4,5 magnitudo mengguncang Kabupaten Paser, Kalimantan Timur dan wilayah sekitarnya pada Selasa (1/3/2022) sore, sekitar pukul 15.16 WITA.

Informasi yang dihimpun dari data BMKG, diketahui gempa bumi tektonik itu disebabkan aktivitas Sesar Meratus yang berlokasi 46 kilometer dari barat laut Paser, dengan kedalaman 10 kilometer. 

Berdasarkan laporan, intensitas gempa bumi yang dirasakan masyarakat sekitar II-III MMI sehingga sangat jauh dari dampak kerusakan. 

Guncangan tersebut lebih tepatnya seperti getaran yang ditimbulkan dari truk tangki saat sedang melintas. 

Getaran tersebut dirasakan di lima kecamatan di Kabupaten Paser dan empat kecamatan di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Gempa susulan dengan intensitas yang sama juga sempat terjadi sekitar pukul 16.25 WITA.

Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan Rasmidi mengatakan gempa bumi yang terjadi di Paser itu juga terasa hingga di sekitar kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU). 

"Dampak gempa tadi memang sampai di IKN, tetapi getarannya itu kecil sekali. Bahkan tidak terasa sama sekali. Yang terasa itu di Paser dan di daerah Tanjung (Tabalong, Kalsel)," ucapnya ketika dikonfirmasi JPNN.com, Selasa (1/3/2022) sore tadi. 

Rasmidi menjelaskan, gempa berkekuatan 5,5 magnitudo disebabkan aktivitas sesar Maratus. Sesar lokal itu dari Selatan Kalimantan memanjang hingga ke Utara dibagian Timur Kalimantan.

Gempa 4,5 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Paser diakibatkan pergerakan Sesar Meratus juga terasa hingga kawasan IKN Nusantara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News