Pasien Buta Bisa Melihat Lagi berkat BrainPort

Pasien Buta Bisa Melihat Lagi berkat BrainPort
Foto : AP
PITTSBURGH - Orang-orang yang kehilangan penglihatan bakal bisa punya mata ''normal'' lagi. Setidaknya, itulah yang dialami Kopral Marinir Mike Jernigan. Pria asal McLean, Virginia, AS, tersebut kehilangan kedua penglihatannya alias buta akibat bom di Iraq pada 2004. Ledakan bom di jalan itu malah nyaris merenggut nyawanya.

''Saya melihat sebuah garis. Garis horizontal,'' serunya seperti dikutip dari situs Pittsburgh Tribune-Review Kamis waktu AS (18/6) atau kemarin WIB (19/6). Bagi Jernigan, kemampuan mengidentifikasi bentuk dan sejenisnya termasuk prestasi sempurna.

Memakai kaca mata hitam, Kopral Jernigan saat itu mengarahkan kepalanya ke sebuah garis putih di atas papan tulis berwarna hitam. Setelah mempelajari gambar selama beberapa detik, dia segera mengenali.

Dia mampu mengidentifikasi garis tersebut dengan bantuan BrainPort. Perangkat itulah yang menangkap gambar melalui kamera digital yang dipasang pada kaca matanya. Lantas, kamera tersebut mengubah gambar menjadi sinyal listrik dan selanjutnya mengirimkan pesan ke sensor yang dimasukkan dalam lidah.

PITTSBURGH - Orang-orang yang kehilangan penglihatan bakal bisa punya mata ''normal'' lagi. Setidaknya, itulah yang dialami Kopral Marinir Mike Jernigan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News