Pastikan Ada RUU Pemekaran yang Disahkan September

Pastikan Ada RUU Pemekaran yang Disahkan September
Pastikan Ada RUU Pemekaran yang Disahkan September

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso meyakini bakal ada Rancangan Undang-undang (RUU) pembentukan daerah otonomi baru (DOB) yang disahkan menjadi UU sebelum DPR periode 2009-2014 berakhir.

Hal ini dikatakan Priyo menanggapi belum adanya kepastian penyelesaian pembahasan 87 RUU DOB, sementara DPR periode sekarang akan berakhir masa kerjanya akhir September mendatang.

"(Yang akan dimekarkan) ada. Yang memenuhi syarat diproses, yang tidak memenuhi syarat ya gak diberikan (tidak disahkan, red)," kata Priyo ditemui di Gedung DPR RI Jakarta, Jumat (29/8).

Priyo menyebutkan RUU DOB tersebut masih diproses oleh panitia kerja (Panja) DOB Komisi II DPR. Komisi pimpinan Agun Gunanjr Sudarsa itu, lanjutnya, sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan instansi terkait.

"Prosesnya di komisis II yang sudah koordinasi (dengan pemerintah) membahas DOB. Jadi (kesepakatannya) hanya daerah yang memenuhi syarat ketermendesakan dan genting untuk dimekarkan, itu dimekarkan," jelasnya.

Ditanya soal adanya informasi akan ada Paripurna pengesahan RUU DOB 5 September mendatang, Priyo mengatakan belum ada jadwal yang ditetapkan sampai ada sinyal dari Komisi II DPR berbagai persoalan terkait daerah yang akan dimekarkan ada penyelesaiannya.(Fat/jpnn)

 


JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso meyakini bakal ada Rancangan Undang-undang (RUU) pembentukan daerah otonomi baru (DOB) yang disahkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News