Pastikan Lokasi Banjir, Pemkot Tangerang Gandeng BMKG

Pastikan Lokasi Banjir, Pemkot Tangerang Gandeng BMKG
Pastikan Lokasi Banjir, Pemkot Tangerang Gandeng BMKG
TANGSEL – Untuk memastikan titik rawan banjir di Tangsel, Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat menggandeng BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). Kerjasama ini diharapkan akan menjadi gambaran soal persiapan penanggulangan yang akan dilakukan.

”Kami akan gandeng BMKG,” terang Zulfuad, kepala Badan Penanggulang Bencana Daerah Kota Tangsel. Zulfuad  menerangkan, masukan BMKG akan dijadikan salah satu analisis soal wilayah yang rawan terkena bencana, khususnya banjir. "Data dari BMKG akan kami gabungkan dengan data Dinas Bina Marga. Jadi akan didapat lokasi yang tepat soal daerah rawan banjir," paparnya.

Penyertaan BMKG dalam menganalisis wilayah rawan banjir akan dilakukan dalam waktu dekat. Diharapkan data-data tersebut dapat dijadikan rujukan untuk melakukan langkah antisipasi awal. "Kami tidak ingin banjir sudah menggenangi Tangsel dulu, baru dilakukan penanganan. Pencegahan akan dilakukan secara dini,” terangnya. 

Selain banjir, data soal wilayah yang rawan longsor pun akan coba dianalisis di wilayah Tangsel. Karena sejauh ini ada tiga kecamatan di Tangsel yang berpotensi longsor karena kontur tanah. ”Analisa BMKG soal wilayah yang rawan longsor tersebut sangat dibutuhkan,” terang Zulfuad. (kin)

TANGSEL – Untuk memastikan titik rawan banjir di Tangsel, Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat menggandeng BMKG (Badan Meteorologi,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News