Rabu, 19 Juni 2019 – 19:50 WIB

Patriot Bercincin

Oleh Dahlan Iskan

Sabtu, 18 Mei 2019 – 04:40 WIB
 Patriot Bercincin  - JPNN.COM

jpnn.com - Pemilu selesai. Minggu besok. Di India.

Untuk tahap ketujuh ini masa kampanyenya dipersingkat sehari. Ketegangan memuncak. Terutama di negara bagian West Bengal.

Pemilu di India berlangsung tujuh minggu. Beda daerah pemilihan beda tanggal mencoblosannya. Akan terlalu lelah kalau pencoblosannya serentak dalam satu hari. Bisa-bisa ribuan KPPS yang meninggal dunia.

Di Bhopal, India Tengah, juga riuh. Caleg wanita dari partai penguasa mengusung isu sensitif: yang berani membunuh Mahatma Gandhi itu harus diakui sebagai seorang patriot bangsa.

Yang mengusung tema itu Pragya Thakur. Caleg wanita dari partai BJP yang berkuasa. Yang terus mengusung tema agama di seluruh negeri.

Sebenarnya Pragya dalam status menunggu pengadilan. Dia sendiri ditangkap lantaran dianggap terlibat dalam peledakan bom di Gujarat. Yang juga terjadi di beberapa tempat lain. Sebagai balasan atas bom yang meledak di  hotel besar di Mumbai tahun 2008.

Pragya tidak ditahan. Alasannya: sedang dalam perawatan dokter. Ia terkena kanker. Yang sudah menjalar sampai ke paru. Umurnya baru 49 tahun.

Kanker itu juga sudah lama menyerang payudaranya. Dua-duanya sudah dipotong. Lalu sehat lagi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar