Patroli Gabungan Amankan Sidoarjo

Patroli Gabungan Amankan Sidoarjo
Patroli bersama yang digagas Polresta Sidoarjo. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Akhir pekan lalu Polresta Sidoarjo melangsungkan patroli skala besar dengan mengajak instansi lain seperti TNI, satpol PP, sampai dinas perhubungan (dishub). Kapolresta Sidoarjo AKBP Zain Dwi Nugroho memimpin langsung jalannya patroli. Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Kav Arief Cahyo Widodo terlihat mendampinginya. Keduanya naik motor trail bersama personel lain.

Dari mapolresta, rombongan mendatangi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) di Jalan Majapahit. Di kampus tersebut, Kapolresta dan Dandim melihat-lihat persiapan panitia untuk menyambut kehadiran Presiden RI Joko Widodo hari ini (19/11). Termasuk persiapan tenda kehormatan.

Setelah itu, rombongan bergerak melanjutkan patroli ke sejumlah titik. Mulai Pasar Larangan, Candi, GOR Delta, Restoran Qen-di, Perumahan Taman Pinang Indah (TPI), sampai TransMart. ''Kami sengaja mendatangi tempat-tempat yang masih ramai ketika malam,'' kata Zain di sela-sela pelaksanaan patroli.

Tujuan patroli, kata dia, tidak hanya menunjukkan sinergitas Polri-TNI bersama instansi samping. ''Tapi juga menjamin keamanan masyarakat,'' tuturnya. 

Zain mengatakan, patroli juga dilakukan polsek jajaran. Alumnus Akpol 1997 itu mengatakan, mobilitas masyarakat semakin meningkat saat akhir pekan. Karena itu, kondisi tersebut perlu mendapat atensi lebih agar tidak terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Sementara itu, Arief menambahkan bahwa TNI merupakan bagian dari abdi negara yang bertugas menjaga keamanan. Pihaknya wajib untuk selalu mendukung langkah pengamanan kepolisian. ''Untuk mewujudkan situasi yang kondusif,'' paparnya.

Patroli serupa ke depan perlu dilaksanakan secara berkelanjutan. Arief juga meminta masyarakat untuk peduli dalam memerangi gangguan keamanan. ''Dengan bersama-sama, kita pasti bisa menjaga daerah agar selalu aman dan nyaman ditempati,'' paparnya. (edi/c15/hud)

Setelah itu, rombongan bergerak melanjutkan patroli ke sejumlah titik. Mulai Pasar Larangan, Candi, GOR Delta, Restoran Qen-di dan...


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News