Patuhi Protokol Kesehatan, Peringati Maulid dengan Aman

Patuhi Protokol Kesehatan, Peringati Maulid dengan Aman
Prof. Wiku Bakti Bawono Adisasmito. Foto: Komunikasi Kebencanaan BNPB/Lia Agustina

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 meminta penyelenggara kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan acara di libur panjang Oktober 2020 dilakukan berpedoman kepada protokol kesehatan 3M.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito juga mengharapkan pemda dan satgas daerah memastikan hal tersebut.

Wiku menyarankan, dalam menyelenggarakan kegiatan keagamaan, pihak penyelenggara harus mengacu pedoman lanjutan dalam edaran Menteri Agama tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman di Masa Pandemi.

"Pemda juga harus berkomunikasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda)," jelas Wiku saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19, Selasa (27/10). 

Selain dengan Forkominda, Pemda juga harus berkomunikasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan, pengelola hotel, pengelola tempat wisata, pelaku usaha dan pihak-pihak lain yang dirasa perlu sesuai karaktereristik masing-masing daerah dalam rangka pencegahan Covid-19 dan penegakan disiplin protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku.

“Terkait upaya pengawasan dan upaya penegakan disiplin protokol kesehatan, Pemerintah Daerah harus mengoptimalkan peran Satgas Penanganan Covid-19 di daerah sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri," kata Wiku. (tan/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Satgas Penanganan Covid-19 meminta penyelenggara Maulid Nabi Muhammad SAW berpedoman kepada protokol kesehatan 3M.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News