Patung Rabindranath Tagore Perkaya Museum Arkeologi Borobudur

Pemberian Dari Pemerintah India untuk Diplomasi Budaya

Patung Rabindranath Tagore Perkaya Museum Arkeologi Borobudur
Patung Rabindranath Tagore Perkaya Museum Arkeologi Borobudur
JOGJAKARTA - Pemerintah India memberikan patung dada perunggu Rabindranath Tagore kepada Pemerintah Indonesia. Tagore dikenal sebagai tokoh kemanusiaan dan kesusastraan India yang pernah meraih penghargaan Nobel Sastra tahun 1931.

Patung Tagore kini menempati Museum Arkeologi di Candi Borobudur. Patung ini merupakan pemberian dari Pemerintah India dalam rangka acara ASEAN-India Car Rally 2012 di kawasan Candi Borobudur pada Senin (26/11).

Penyerahan patung dilakukan oleh Duta Besar India untuk Indonesia, H.E Gurjit Singh, kepada Plt. Direktur Asia Selatan dan Tengah, Listyowati. "Inisiatif Pemerintah India menempatkan patung Tagore di Museum Arkeologi Borobudur merefleksikan kedekatan hubungan historis kedua bangsa di bidang kebudayaan," kata Listyowati dalam siaran pers yang diterima JPNN, Selasa (26/11).

Sementara Dubes Singh menyampaikan pentingnya mempererat hubungan bilateral Indonesia-India melalui diplomasi budaya. Salah satunya dengan saling bertukar karya-karya kebudayaan seperti penempatan patung Tagore ini. Sebelumnya, Pemerintah Indonesia menempatkan replika Gong Perdamaian Dunia di Museum Mahatma Gandhi, New Delhi pada tahun 2006.

JOGJAKARTA - Pemerintah India memberikan patung dada perunggu Rabindranath Tagore kepada Pemerintah Indonesia. Tagore dikenal sebagai tokoh kemanusiaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News