JPNN.com

Paus Fransiskus Pimpin Misa Publik Pertama di Uni Emirat Arab

Selasa, 05 Februari 2019 – 23:08 WIB Paus Fransiskus Pimpin Misa Publik Pertama di Uni Emirat Arab - JPNN.com

jpnn.com, ABU DHABI - Sejarah itu tercipta di istana pimpinan Uni Emirat Arab (UEA) di Abu Dhabi kemarin, Senin (4/2). Paus Fransiskus mengunjungi negara tersebut. Sri Paus adalah pimpinan Gereja Katolik pertama yang mengunjungi negara di semenanjung Arab. Dan itu bukan satu-satunya sejarah.

Kunjungan tersebut bertepatan dengan Year of Tolerance alias Tahun Toleransi yang diciptakan Presiden UEA Syekh Khalifa bin Zayed pada 15 Desember lalu.

Dalam kunjungan itu, Paus bertemu dengan Imam Al Azhar Mesir Ahmed At-Tayyeb yang juga diundang sebagai tamu dalam acara Human Fraternity Meeting di UEA. Ini adalah pertemuan kelima antarimam besar kedua agama.

Hari ini, Selasa (5/2), Paus memimpin misa di Zayed Sports City di Abu Dhabi. Misa tersebut bukan hanya ibadat yang dipimpin seorang paus untuk kali pertama di UEA. Misa tersebut juga meru­pakan misa publik pertama yang digelar di negara tersebut.

Kemarin Paus disambut putra mahkota UEA Muhammad bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Dia datang dengan bersahaja. Paus asli Argentina itu datang dengan mobil hatchback Kia Soul. Mobil tersebut terlihat simpel tatkala diapit tentara berkuda dan pesawat jet yang membentuk asap kuning dan putih. Simbol Vatikan.

Masyarakat dunia pun ikut antusias menanti sambutan yang akan diberikan pada Human Fraternity Meeting sore harinya. ''Tangis anak-anak dan orang tua mereka (di Yaman, Red) sampai ke telinga Tuhan,'' ujar Paus Francis sebelum bertolak ke Abu Dhabi menurut Reuters. (bil/c5/dos)

Sumber Jawa Pos

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...