Payah...Kejaksaan Agung Kesulitan Cari Riza Chalid

Payah...Kejaksaan Agung Kesulitan Cari Riza Chalid
Jaksa Agung M Prasetyo. Foto : dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA -- Pihak Kejaksaan Agung masih kesulitan menghadirkan pengusaha Riza Chalid untuk diperiksa terkait kasus permufakatan jahat yang diduga dilakukan Ketua DPR Setya Novanto. Bahkan kabarnya pengusaha misterius itu kini sudah berada di luar negeri.

Jaksa Agung M Prasetyo menceritakan, Riza memang pernah diundang penyidik Kejagung untuk memberikan keterangan. Pihaknya sudah berusaha menyampaikan surat panggilan ke alamat Riza yang terdaftar. "Semua alamatnya sudah dikunjungi," tegas Prasetyo, Jumat (11/12).

Namun, kata Prasetyo, penjaga rumah Riza menyatakan bahwa sang bos sudah tak lagi tinggal di rumah tersebut. Petunjuk semakin jelas ketika Prasetyo bertemu Menkumham Yasonna H Laoly. "Beliau mengatakan, Riza Chalid sudah pergi ke luar negeri. Saya dengar dia punya kantor di luar negeri," paparnya.

"Kami harap dia penuhi sebagai warga negara yang baik," lanjut Prasetyo.

Sejauh ini, Kejagung sudah memeriksa Menteri ESDM Sudirman Said dan Presiden PT FI Maroef Sjamsoeddin. Meski demikian, belum ada lagi pihak lain yang akan digarap Korps Adhyaksa.

Selain rekaman percakapan Setnov, Maroef dan Riza, Kejagung juga sudah mengantongi CCTV pertemuan ketiganya di Hotel Ritz Charlton, Pacific Place, Jakarta. "Juga bukti pemesanan dan pembayaran acara pertemuan di tempat itu," katanya. 

Namun, tambah Prasetyo, sejauh ini belum bisa disimpulkan siapa yang menginisiasi dan memfasilitasi pertemuan itu. "Akan kami gali sebanyak mungkin informasi," katanya.

Yang pasti, ia menambahkan, tidak ada sedikit pun unsur politik yang dilakukan kejaksaan dalam penegakan hukum. "Tidak ada kita kait-kaitkan dengan politis," pungkasnya. (boy/jpnn)

JAKARTA -- Pihak Kejaksaan Agung masih kesulitan menghadirkan pengusaha Riza Chalid untuk diperiksa terkait kasus permufakatan jahat yang diduga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News