PBB Apresiasi Generasi Muda Pertanian Masih Jaga Tradisi

PBB Apresiasi Generasi Muda Pertanian Masih Jaga Tradisi
Pemanfaatan lahan sempit untuk pertanian. Foto: Istimewa

jpnn.com, YOGYAKARTA - Reporter Khusus PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) Hilal Ever mengapresiasi generasi muda pertanian Indonesia dalam menjaga tradisi dan inovasi pertanian.

Dalam hal ini terkait penyediaan bahan pangan melalui pemanfaatan lahan sempit “Kawasan Rumah Pangan Lestari” (KRPL).

“Saya melihat tadi ada tanaman yang dibentuk seperti piramid dan saya akan meniru untuk halaman rumah saya. Karena sangat penting untuk kita tetap menjaga tradisi dan inovasi pertania di era globalisasi saat ini, “ jelas Hilal dalam kunjunganya ke Dusun Nglambur, Desa Siduharjo, Samigaih, Kulonprogo, Jogjakarta.

Dalam kunjungannya itu, Hilal mengatakan bahwa di zaman yang sangat maju saat ini dimana semua produk khususnya pangan sangat mudah untuk diperoleh.

Hal tersebut dapat dengan mudah mengubah gaya hidup masyarakat. Untuk itu Hilal berpesan pentingnya untuk tetap menjaga, melestarikan serta menyebarkan inovasi pertanian dalam memproduksi bahan pangan di lahan pekarangan seperti yang dilakukan masyarakat di Dusun Nglambur.

“Untuk itu sangat penting bagi masyarakat di sini menurunkan ilmu yang sudah dilakukan orang tua sejak 50 tahun lalu dalam memproduksi pangan di lahan pekarangan sendiri, “ tutur Hilal.

Banyak hal menarik yang ditemui Hilal dalam kunjuganya ke Jogjakarta. Dia melihat banyak petani muda yang tetap bersemangat untuk mengembangkan pertanian.

Hilal mengatakan bahwa saat ini generasi muda di luar tidak mau tinggal di desa dan tidak tertarik terhadap bidang pertanian untuk memproduksi pangan sendiri karena mereka menganggap pertanian kurang menarik. Sangat penting mendorong generasi muda untuk tetap meneruskan semangat pertanian dan ditularkan kepada generasi selanjutnya.

Generasi muda pertanian Indonesia masih semangat menjaga tradisi dan inovasi pertanian melalui pemanfaatan lahan sempit KRPL.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News