PBB Apresiasi Kementan Berdayakan Kelompok Wanita Tani

PBB Apresiasi Kementan Berdayakan Kelompok Wanita Tani
Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mendamapingi SR Dewan HAM PBB ke Palembang, Sumsel. Foto: Humas Badan Ketahanan Pangan

jpnn.com, PALEMBANG - Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mendampingi kunjungan Special Reporter (SR) Dewan HAM PBB Hilal Ever ke Palembang, Sumatera Selatan, Rabu dan Kamis (11-12 April 2018).

Kedatangan SR untuk mendorong upaya pemantapan dan pemenuhan hak atas pangan di tingkat nasional, regional dan international.

Selain itu juga, mengidentifikasi hambatan pemenuhan hak atas pangan, untuk memberi rekomendasi mengenai upaya progresif pemenuhan hak atas pangan, serta isu mengarusutamakan perspektif gender yang bekerja sama dengan seluruh negara dan pemangku kepentingan lainnya.

Dalam rangkaian kegiatan pada hari kedua dilakukan kunjungan ke lokasi panen padi lahan pasang surut di Desa Mulyiasari dan Desa Banyu Urip, Kec. Tanjunglago, Kabupaten Banyuasin.

Lahan pasang surut seluas 1310 hektar yang di kelola Gapoktan Diyaning Hurip telah mengalami peningkatan penghasilan petani yang dahulu nya Rp. 1,5 -2 juta/ hektar dengan produktivitas hanya 4 ton/hektar.

Namun dengan ada nya bantuan pemerintah pada tahun 2013 maka penghasilan bersih telah mencapai Rp.20 hingga Rp.50 juta dengan produktivitas tidak kurang dari 6-8 ton per hektare.

Selanjutnya kunjungan dilakukan ke Kelompok Wanita Tani (KWT) Wanita Tani yang memiliki usaha olahan pangan seperti keripik pisang, ubi kayu, ubi jalar dan tempe. Selain itu ada juga yang mengelola industri pangan rumahan, toko, simpan pinjam, peternakan dan RMU.

Hilal Elver mengapresiasi produk produk yang dihasilkan KWT, karena menunjukkan partisipasi wanita dalam kegiatan pertanian dan industri rumah tangga dalam mendorong usaha ekonomi rumah tangga.

SR Dewan HAM PBB Hilal Ever mengapresiasi Kementan, dalam hal ini Badan Ketahanan Pangan, dalam upaya memberdayakan Kelompok Wanita Tani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News