PBB: Kontrasepsi Hak Asasi Manusia

PBB: Kontrasepsi Hak Asasi Manusia
PBB: Kontrasepsi Hak Asasi Manusia
JENEWA--Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)  menyatakan akses kontrasepsi merupakan bagian dari hak asasi manusia. Pasalnya, kontrasepsi bisa meningkatkan taraf kehidupan perempuan dan anak-anak di negara-negara miskin.

Ini  pertama kalinya badan kependudukan PBB merilis laporan tahunan secara eksplisit yang menggambarkan keluarga berencana sebagai bagian hak asasi manusia.

Menurut AP (15/11),  laporan yang dikeluarkan PBB tidak mengikat dan tidak berpengaruh pada hukum nasional. PBB secara tegas menyatakan hambatan hukum,  budaya dan keuangan untuk mengakses kontrasepsi serta langkah-langkah perencanaan keluarga lain adalah pelanggaran hak-hak perempuan.

Lembaga ini juga berupaya meningkatkan dana tambahan bagi program keluarga berencana dengan tambahan USD4,1 miliar pertahun. Dengan tambahan itu diharapkan terhimpun dana sebesar USD11,3 miliar per tahun dalam upaya meningkatkan kesehatan  ibu dan balita yang baru lahir di negara-negara miskin. (Esy/jpnn)

JENEWA--Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)  menyatakan akses kontrasepsi merupakan bagian dari hak asasi manusia. Pasalnya, kontrasepsi bisa meningkatkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News