PBB Puji SDGs Desa dan Langkah Gus Menteri Tekan Laju Urbanisasi

PBB Puji SDGs Desa dan Langkah Gus Menteri Tekan Laju Urbanisasi
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar atau Gus Menteri. Foto: Kemendes PDTT.

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Residen Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)/ United Nation Resident Coordinator, Valerie Juliand mengapresiasi langkah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar alias Gus Menteri yang memberikan perhatian signifikan terhadap isu Sustainable Development Goals (SDGs). 

Valerie memuji langkah Gus Menteri yang melokalkan SDGs hingga level desa, atau dikenal dengan SDGs Desa.

“Terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, khususnya kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang telah memberikan perhatian khusus terhadap isu SDGs. Dan saya sangat setuju hal tersebut sangat penting dalam pembangunan desa,” ujarnya, dalam rapat virtual bersama Gus Menteri, Selasa (16/2).

Pada rapat virtual tersebut, Valerie Juliand juga mengapresiasi upaya Gus Menteri dalam menekan laju urbanisasi masyarakat dari desa ke kota.

Ia juga mengucapkan selamat atas keberhasilan dana desa dalam mengurangi dampak Covid-19 di desa-desa Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang telah melakukan berbagai upaya dalam menekan laju urbanisasi dari desa ke kota, sehingga penduduk desa tidak mendominasi kota dan pembangunan dapat dilakukan secara merata diseluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Gus Menteri mengatakan SDGs Desa sendiri memiliki peran penting bagi keberhasilan SDGs secara nasional.

Sebab, katanya, 74 persen dari keberhasilan SDGs skala nasional berasal dari desa, sementara 26 persen selebihnya berasal dari kota.

PBB memberikan apresiasi kepada Gus Menteri yang memberikan perhatian signifikan terhadap isu SGDs Desa, dan menekan lajur urbanisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News