PBNU Apresiasi Mentan Amran yang Dorong Ekonomi Umat

PBNU Apresiasi Mentan Amran yang Dorong Ekonomi Umat
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaeman saat panen raya jagung. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, LAMPUNG - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan terima kasih atas upaya Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang ingin menyejahterakan umat lewat ekonomi pertanian.

Salah satunya dengan kerja sama penanaman jagung seratus ribu hektare.

Ketua Bidang Ekonomi PBNU Umarsyah mengatakan, kerja sama Kementan dimaksudkan untuk mendorong peningkatan produksi jagung nasional, sehingga swasembada jagung terus terjaga dan petani semakin sejahtera.

Selain itu, untuk menyelesaikan segala persoalan petani.

“Misalnya kesulitan modal dan ketika panen raya, harga jatuh. Inilah tujuan PBNU berjalan bareng Kementan untuk menyelesaikan ini dengan membangun mitra kerja. BNI dan BRI kami ajak memberikan kredit usaha raykat kepada petani dengan bunga rendah,” kata dia di sela-sela penanaman jagung bersama Mentan Andi Amran Sulaiman di Kabupaten Pringsewu, Lampung, Selasa (4/9).

Menurut Umarsyah, kendala petani mengembangkan lahan garapannya karena kekurangan modal. Namun, kerja sama dengan semua pihak ini bisa menunjang ekonomi petani.

“Petani tidak lagi kesulitan modal dan ketika panen Kementan memberikan pengering jagung dan menyediakan pembeli, sehingga tidak perlu khawatir harga jatuh walaupun rendemen rendah,” imbuhnya.

Ke depan, lanjut Umarsyah, kerja sama Kementan dengan PBNU tidak hanya budidaya jagung, tetapi juga pada budidaya padi dan kedelai. Dengan begitu, swasembada padi, jagung dan kedelai bisa diwujudkan.

Peningkatan produksi jagung nasional sehingga swasembada jagung terus terjaga dan petani semakin sejahtera.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News