PBSI Terapkan 6 Parameter Fisik

PBSI Terapkan 6 Parameter Fisik
PBSI Terapkan 6 Parameter Fisik

jpnn.com - JAKARTA- PP PBSI mulai menerapkan syarat ketat bagi para pebulutangkis muda yang bakal menghuni pelatnas. Organisasi pimpinan Gita Wirjawan itu bakal menerapkan enam parameter fisik bagi para pebulutangkis kelompok usia 17 dan 19 tahun.

Enam item itu ialah VO2 Max, Court Agility, vertical jump, skipping rope, sit up serta push up. Standard nasional ini diharapkan menjadi acuan untuk pembinaan di klub sehingga tercipta keseragaman fisik ideal bagi pebulutangkis.

“PBSI telah membuat satu sistem dan struktur di dalam pelatnas dan luar pelatnas (klub). Selama ini kriteria masuk pelatnas kan masih belum ada standardnya. Sekarang kita sudah punya satu patokan,” kata Basri Yusuf, Kepala Bidang Pengembangan PP PBSI di laman resmi organisasi, Selasa (4/11).

Meski begitu, keenam parameter tersebut memiliki bobot berbeda-beda. VO2 Max memiliki bobot terbesar mencapai 40 persen. Sementara, vertical jump, sit up dan push up hanya mempunyai bobot sepuluh persen.

"Dengan adanya parameter fisik ini, artinya program PP PBSI sudah lebih terplanning dan sudah ada sistem serta metode baku. Kami juga berkaca dari kemajuan negara-negara lain yang sudah lebih dulu menerapkan hal ini,” tegas Basri. (jos/jpnn)

 


JAKARTA- PP PBSI mulai menerapkan syarat ketat bagi para pebulutangkis muda yang bakal menghuni pelatnas. Organisasi pimpinan Gita Wirjawan itu bakal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News