PD Rekrut 3 Gubernur, Golkar dan PDIP Terancam

PD Rekrut 3 Gubernur, Golkar dan PDIP Terancam
PD Rekrut 3 Gubernur, Golkar dan PDIP Terancam
JAKARTA -- Partai Golkar dan PDI Perjuangan terancam dengan langkah Partai Demokrat (PD) yang merekrut tiga gubernur duduk di jajaran Dewan Pembina. Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Arie Sudjito menilai, Golkar dan PDIP terancam karena kedua partai ini juga terbiasa merekrut kepala daerah untuk menjadi kader utamanya.

"Parpol-parpol yang mengalami ancaman atas manuver demokrat adalah Golkar dan PDIP. Ketiga parpol ini (Golkar, PDIP, demokrat) sejatinya memiliki pola yang sama yakni memperbanyak kadernya menjadi pejabat daerah sebagai mesin ekonomi dan politik organisasi," ujar Arie Sudjito saat dihubungi, Senin (12/7).

Seperti diberitakan, tiga gubernur yang duduk di jajaran Dewan Pembina PD adalah Gubernur DKI Fauzi Bowo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Sarundajang. Sinyo saat pemilukada 2005 silam malah diusung PDIP.

Dijelaskan Arie, kepentingan PD dengan merekrut tiga gubernur itu adalah untuk memperkuat mesin ekonomi dan politik partai dalam menghadapi kontestasi politik, terutama menghdapai pemilu 2014. Cara merekrut kepala daerah dianggap lebih efektif, dibanding dengan mengelus-elus kader untuk memenangkan pemilukada, yang belum tentu menang.

JAKARTA -- Partai Golkar dan PDI Perjuangan terancam dengan langkah Partai Demokrat (PD) yang merekrut tiga gubernur duduk di jajaran Dewan Pembina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News