PDI Perjuangan: Megawati Penggagas Awal Badan Riset dan Inovasi Nasional

PDI Perjuangan: Megawati Penggagas Awal Badan Riset dan Inovasi Nasional
Ketua Dewan Pengarah BPIP yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai keputusan Presiden Joko Widodo menempatkan Megawati Soekarnoputri sebagai ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sudah tepat.

Menurut Hasto, selain merupakan amanat undang-undang, penempatan ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu dikarenakan Megawati merupakan sosok yang konsisten memperjuangkan ilmu pengetahuan.

Dia menekankan bahwa Presiden Kelima RI itu merupakan penggagas awal BRIN.

Menurutnya, Megawati mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar BRIN hadir menjabarkan politik Indonesia berdikari, dengan memfokuskan diri pada penelitian untuk manusia Indonesia, flora, fauna, dan teknologi itu sendiri.

Dia menambahkan Riset dan inovasi harus digerakkan oleh ideologi bangsa agar Indonesia benar-benar berdaulat, berdikari, dan bangga dengan jati diri kebudayaannya.

“BRIN adalah babak baru bagi kemajuan Indonesia Raya," kata Hasto dalam keterangan yang diterima, Senin (3/5).

Menurutnya, Presiden Jokowi menempatkan BRIN sebagai infrastruktur kemajuan bangsa melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Oleh karena itu, Hasto berharap riset dan inovasi sebagai pilar Indonesia berdikari.

PDI Perjuangan menyebut keputusan Presiden Jokowi menunjuk Megawati Soekarnoputri menjadi ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional sudah tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News