PDIP Buka Pintu Koalisi untuk Semua Partai, Termasuk PKS

PDIP Buka Pintu Koalisi untuk Semua Partai, Termasuk PKS
Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, SINTANG - Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto menyatakan Pilkada Serentak 2020 merupakan agenda yang sangat menguras energi. Karena itu, pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini mengaku partainya membuka diri untuk bekerja sama dengan partai politik yang lain, termasuk Gerindra dan PKS.

Bambang menerangkan, Pilkada Serentak 2020 akan dilaksanakan di 270 daerah. Setiap pemilihan di sebuah daerah membutuhkan kerja keras sehingga keserentakannya benar-benar akan menguras stamina.

"Ini keserentakan (Pilkada 2020, red) yang menguras energi yang luar biasa," kata Bambang di sela konsolidasi DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat di Kabupaten Sintang, Sabtu (14/9).

Selain itu, Bambang menyebut pertarungan di Pilkada Serentak 2020 memiliki karakter yang berbeda setiap daerahnya. Dan arah pertempuran Pilkada tergantung masing-masing pasangan calon yang diusung parpol.

Dia memprediksi, para paslon yang bertarung akan mengeluarkan biaya kampanye yang sangat besar di Pilkada 2020. Biaya itu akan sangat ditentukan oleh gaya kampanye serta cara meraih suara masyarakat.

Lebih lanjut dia mengatakan, partainya siap bekerja sama dengan parpol lain dalam mengusung pasangan calon di Pilkada 2020. Termasuk dengan Gerindra dan PKS, yang berseberangan ketika Pilpres 2019 lalu.

Menurutnya, koalisi politik dalam pilkada biasanya memang bersifat cair. Koalisi politik di tingkat nasional kerap kali tak berjalan di tingkat daerah.

"Lihat saja saat kejadian Pilkada-pilkada sebelumnya itu, sesungguhnya sudah sangat cair," kata Pacul.

Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto menyatakan pihaknya siap bekerja sama dengan semua partai, termasuk Gerindra dan PKS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News