PDIP dan 178, Angka Keramat di Balik Jumlah Bus untuk Mudik Lebaran

PDIP dan 178, Angka Keramat di Balik Jumlah Bus untuk Mudik Lebaran
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyapa para pemudik di dalam bus yang akan diberangkatkan dari JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/4). PDI Perjuangan memberangkatkan 178 bus untuk memfasilitasi ribuan pemudik yang akan menuju berbagai kota di Sumatra dan Hawa. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP memberangkatkan 178 bus berisi para pemudik tujuan berbagai daerah di Jawa dan Sumatra.

Pemberangkatan ratusan bus pengangkut ribuan pemudik itu dilaksanakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (19/4).

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan jumlah bus yang dikerahkan untuk mengangkut pemudik pada Lebaran kali ini memiliki makna tersendiri.

Menurut dia, jumlah 178 merupakan angka keramat dari kombinasi tanggal dan bulan kemerdekaan RI.

"Kenapa 178, karena kami mengambil dari angka keramat 17 Agustus yang membangun suatu spirit bahwa bangsa Indonesia merdeka dengan landasan Pancasila,” ujar Hasto saat menyampaikan kata sambutan pada pelepasan bus ‘Mudik Bersama PDI Perjuangan’ itu.

Berpidato di panggung kecil berpelantang hasil modifikasi dari mobil pikap, Hasto menjelaskan Pancasila memuat filsafah ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, persatuan Indonesia, dan keadilan sosial.

Untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila itu pula PDIP menggelar mudik gratis secara rutin, kecuali pada masa pandemi Covid-19.

Politikus kepercayaan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu menambahkan kegiatan mudik gratis tersebut juga sebagai bentuk komitmen kerakyatan.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP memberangkatkan 178 bus berisi para pemudik tujuan berbagai daerah di Jawa dan Sumatra.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News