PDIP Dipuji, Paling Siap Tempur

PDIP Dipuji, Paling Siap Tempur
PDI Perjuangan. Ilustrasi Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Cara DPP PDI Perjuangan menetapkan nama-nama bakal calon kepala daerah – wakil kepala daerah yang diusung di Pilkada Serentak 2020 menuai pujian.

PDIP dinilai menyuguhkan para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang layak untuk rakyat.

Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin, di Jakarta, Minggu (23/8), mengatakan apa yang dilakukan oleh partai berlambang banteng moncong putih itu merupakan komunikasi politik yang baik untuk rakyat.

"Yang tadinya dianggap eksklusif menjadi terbuka, sehingga rakyat bisa menilai secara utuh bahwa memang calon-calon kepala daerah yang diusung dalam pilkada itu memang layak," ujar Ujang.

Dia pun merespons positif sekolah partai untuk calon kepala daerah PDIP yang digelar secara daring selama lima hari itu untuk angkatan I.

"Memang sekolah calon kepala daerah PDIP tidak lagi menjadi eksklusif, tetapi menjadi terbuka dan menjadi milik rakyat, dan publik juga berhak tahu. Dalam konteks orang-orangnya maupun dalam konteks muatan isi yang disampaikan dalam sekolah tersebut," kata Ujang lagi.

Pada Jumat (21/8) siang, Sekolah Partai untuk calon kepala daerah PDIP angkatan I itu dibuka langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Arahan Presiden ke-5 RI itu bahkan dilakukan terbuka kepada 129 calon kepala daerah.

Ujang mengaku kerap objektif memberikan penilaian terhadap manajemen di partai politik.

Ujang Komarudin menilai, PDIP merupakan partai yang paling siap tempur dibanding partai-partai lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News