PDIP Dukung Ibukota Pindah ke Palangkaraya

PDIP Dukung Ibukota Pindah ke Palangkaraya
PDIP Dukung Ibukota Pindah ke Palangkaraya
JAKARTA - Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan (F-PDIP) Bambang Wuryanto mendukung penuh bergulirnya wacana pemindahan Ibukota Jakarta ke Palangkaraya di Kalimantan Tengah. Jakarta, menurut Bambang, idealnya dijadikan saja sebagai kota perdagangan. "Presiden Soekarno kan pernah bilang, ibukota negara jangan Jakarta, tapi Palangkaraya," tegas Bambang Wuryanto, di DPR, Senayan Jakarta, Senin (6/9).

Sekarang, lanjut Bambang, pernyataan Soekarno itu terbukti seiring semrawutnya Jakarta dan kian parahnya kondisi kemacetan lalu-lintas yang teramat sulit untuk dibenahi.

Diceritakannya, tahun 1957 Bung Karno pernah punya mimpi besar untuk memindahkan Ibukota ke Palangkaraya. "Sebagai tahap persiapan, Soekarno pun telah meletakkan batu pertamanya di Kampung Dayak, di jantung Kalimantan, 17 Juli 1957," ujarnya.

Tetapi, usaha Soekarno kandas karena faktor pengadaan bahan dan medan yang sangat sulit seiring  dipersiapkan Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan Asian Games (1962) dan ajang olahraga tandingan Olimpiade Games of the New Emerging Forces (Ganefo).

JAKARTA - Wakil Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan (F-PDIP) Bambang Wuryanto mendukung penuh bergulirnya wacana pemindahan Ibukota Jakarta ke Palangkaraya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News