PDIP Ingin Deputi Gubernur dari Luar BI

PDIP Ingin Deputi Gubernur dari Luar BI
PDIP Ingin Deputi Gubernur dari Luar BI
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepertinya cenderung memilih kandidat Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) pengganti Siti Fadjijah yang berasal dari luar BI. Alasannya, untuk merombak mental pejabat BI yang cenderung ingin selalu dilayani.

Menurut anggota Komisi XI DPR dari Fraksi PDIP, Eva Kusuma Sunadri, calon deputi gubernur BI dari luar dinilai memiliki sikap dan perspektif melayani. "Ketimbang calon dari dalam BI yang bermental juragan," ujar Eva saat dihubungi wartawan di Gedung DPR RI, , Rabu (31/3).

Hal itu disampaikannya terkait akan dilakukannya uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap tiga calon Deputi Gubernur BI. Seperti diketahui, tiga calon deputi gubernur BI yang sudah masuk dan siap untuk menjalani fit and proper, dua di antaranya berasal dari dalam BI yaitu Halim Alamsyah (Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan BI), Perri Warjiyo (Direktur Riset Kebijakan Moneter BI). Sementara calon dari luar BI adalah Krisna Wijaya yang sekarang menjabat sebagai Dirut Bank Danamon Tbk.

Eva menilai Krisna Wijaya sebagai satu-satunya calon dari luar mempunyai kemampuan dan pengalaman memadai, serta sangat tepat untuk menggantikan posisi Siti Fadjrijah yang memasuki masa pensiun. Karena itu, sudah saatnya DPR mempunyai keberanian memilih orang dari luar BI mengingat selama ini bank sentral tersebut banyak menghadapi persoalan sistem yang fundamental.

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepertinya cenderung memilih kandidat Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) pengganti Siti Fadjijah yang berasal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News