PDIP Juga Berkoalisi dengan PKS di Pilkada Serentak 2020, tetapi...

PDIP Juga Berkoalisi dengan PKS di Pilkada Serentak 2020, tetapi...
Hasto Kristiyanto. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memaparkan peta koalisi partainya dengan parpol lain pada Pilkada Serentak 2020.

Dari 270 pilkada, PDIP menggandeng Golkar untuk berkoalisi di 46 daerah. Jumlah itu merupakan yang terbanyak dibandingkan koalisi PDIP dengan partai lain.

"Partai Golkar sebanyak 46 daerah, PKB (Partai Kebangkitan Bangsa, red) 37," ujar Hasto dalam konferensi pers usai pengumuman pasangan calon kepala daerah PDIP gelombang IV secara daring, Jumat (28/8).

Lebih lanjut Hasto memerinci, PDIP juga berkoalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Pilkada 2020. "PAN pimpinan Pak Zulhas (Zulkifli Hasan, red) dan sahabat saya Pak Eddy (Sekjen PAN Eddy Soeparno, red) itu 34," sebutnya.

Selanjutnya secara beurutan adalah koalisi PDIP dengan Gerindra di 33 daerah, Partai Demokrat (32 daerah), Partai Pesatuan Pembangunan (19 daerah). "Dengan Nasdem ada 17 daerah, dan PKS (Partai Keadilan Sejahtera, red) 13," papar Hasto.

Hasto juga memerinci jumlah kader PDIP untuk pilkada tingkat provinsi ataupun kabupaten/kota pada tahun ini. Menurutnya, ada 131 kader PDIP yang menjadi calon bupati/wali kota.

"Calon wakil bupati dan wakil wali kota ada 97," sambung Hasto.

Adapun untuk pilkada tingkat provinsi, PDIP mengusung 2 kadernya sebagai calon gubernur. "Calon wakil gubernur ada tiga orang," sebutnya.

PDI Perjuangan menjalin koalisi dengan partai lain termasuk PKS dalam rangka memenangkan jagonya di Pilkada Serentak 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News