PDIP Pengin Empat Menterinya Ikut Pileg 2019

PDIP Pengin Empat Menterinya Ikut Pileg 2019
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Wakil Sekjen PDIP Eriko Sotarduga Sitorus. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga mengisyaratkan empat menteri dari partainya akan ikut dalam pemilihan legislatif atau Pileg 2019.

Namun, dia belum bisa memastikan apakah ada perubahan sikap dari para menteri terseut. Sebab, kata Eriko, partai juga tidak memaksa bila ada yang tidak mau ikut pemilihan legislatif 2019

Empat kader PDIP yang saat ini duduk di Kabinet Kerja tersebut sebelumnya juga berasal dari parlemen. Mereka adalah Menko PMK Puan Maharani, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menseskab Pramono Anung dan Menkumham Yasonna Laoly.

"Sampai terakhir tadi malam, kami berharap seperti itu (tetap nyaleg), tapi kalau ada tadi malam mungkin yang tidak jadi, saya belum mengetahui. Bisa saja ada pertimbangan tidak maju," ucap Eriko di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (17/7) saat ditanya apakah empat menteri tersebut masuk dalam daftar caleg PDIP yang akan diserahkan ke KPU hari ini.

Politikus Senayan itu menyebutkan bahwa partai menyerahkan sepenuhnya kepada kader yang menjadi menteri untuk maju sebagai caleg atau tidak, meskipun secara organisasi, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri menginginkan semuanya kembali ikut pileg.

"Tentu PDI Perjuangan memberikan kesempatan pada beliau-beliau semua, tapi kan tergantung pada beliau-beliau juga apakah akan maju itu kembali pada masing-masing. Tapi kami melihat memang kecenderungan dari partai sangat menginginkan untuk para menteri tersebut maju, karena suara mereka sangat berharga," pungkas Eriko. (fat/jpnn)


PDIP berharap empat kadernya yang saat ini duduk di Kabinet Kerja bersedia ikut Pileg 2019.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News