Selasa, 19 Juni 2018 – 15:33 WIB

PDIP Siap Bahas 3 Syarat Koalisi yang Diajukan Demokrat

Selasa, 13 Maret 2018 – 07:02 WIB
PDIP Siap Bahas 3 Syarat Koalisi yang Diajukan Demokrat - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Rapimnas Partai Demokrat di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor pada 10 – 11 Maret 2018 tidak memutuskan nama yang diusung sebagai capres dan cawapres.

Partai berlambang bintang itu hanya mengajukan syarat dalam berkoalisi. PDI Perjuangan pun siap membahas syarat yang ditawarkan.

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira mengatakan, dalam rapat kerja nasional (Rakernas) yang digelar pada 23 – 25 Februari lalu, partainya memutuskan membuka diri untuk menjalin koalisi dengan partai lain.

Terkait dengan tiga syarat yang diajukan Partai Demokrat, politikus asal NTT itu mengatakan bahwa syarat tersebut bisa dibicarakan antara kedua partai.

Dalam rapimnas, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengajukan tiga syarat dalam berkoalisi. Baik dengan PDIP maupun dengan partai lainnya.

Yaitu, adanya kerangka kebersamaan, Partai Demokrat juga harus terlibat dalam penyusunan visi Indonesia 2019 – 2024, dan koalisi harus dilandasi saling percaya.

Menurut Andreas, pengajuan syarat merupakan suatu hal yang baik. Namun, lanjutnya, jika sifatnya politis, maka dalam membangun koalisi membutuhkan waktu cukup panjang untuk proses negoisasi.

Anggota DPR RI itu menerangkan, yang paling terpenting dalam koalisi adalah adanya niat baik membangun pemerintahan. “Sehingga Presiden Joko Widodo bisa membentuk pemerintahan yang solid,” terangnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar