PDIP Tegaskan Tidak Ada Politik Uang Jelang Kongres

PDIP Tegaskan Tidak Ada Politik Uang Jelang Kongres
PDI Perjuangan menggelar konferensi pers terkait persiapan Kongres Kelima. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan memastikan tidak ada politik uang dalam proses pembentukan struktur DPD dan DPD partai pada Kongres V.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, pembentukan struktur DPC dan DPD PDIP dijalankan dengan ideologi Pancasila melalui serangkaian psikotes, penilaian berjenjang, dan meniadakan voting.

"Melalui tata cara demokrasi Pancasila yang dipraktikkan dengan cara musyawarah dan gotong royong, proses konsolidasi berjalan dengan demokrastis sesuai kepribadian bangsa, memperkuat soliditas partai dengan biaya paling efektif, dan efisien dibandingkan dengan partai lain," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

BACA JUGA: Ada Peluang PDIP-Gerindra Bersama di Pilpres 2024

Hasto melanjutkan, Kongres Kelima PDIP mengangkat tema Solid Bergerak Untuk Indonesia Raya.

Tema ini, menurut dia, mengandung makna bahwa soliditas partai melalui langkah kaderisasi kepemimpinan secara terlembaga dan sistemik telah membangun kesadaran ideologi Pancasila, kesadaran politik untuk berdedikasi bagi rakyat, bangsa, dan negara.

"Kesadaran organisasi partai untuk terus kedepankan kepentingan kolektif dengan semangat gotong royong dan kesadaran untuk menyelesaikan masalah rakyat. Solid bergerak bersifat aktif, progresif guna menegaskan tujuan berpartai sebagai obor penerang di dalam gerak kemajuan masyarakat, bangsa dan negara," jelas Hasto.

Adapun Subtema Kongres V ialah Mewujudkan PDI Perjuangan sebagai Partai Pelopor.

PDI Perjuangan memastikan tidak ada politik uang dalam proses pembentukan struktur DPD dan DPD partai pada Kongres V.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News