Pebalap 27 Negara Siap Tarung di ITdBI

Pebalap 27 Negara Siap Tarung di ITdBI
Pebalap 27 Negara Siap Tarung di ITdBI

jpnn.com - JAKARTA - Perhelatan balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) kembali digelar. Tahun ini, ITdBI dihelat selama empat hari pada 6 – 9 Mei. ITdBI juga masuk dalam rangkaian agenda Banyuwangi Festival yang merupakan ajang atraksi wisata Banyuwangi.

ITdBI tahun ini menempuh empat etape dengan total panjang rute sejauh 555 kilometer. Rute ini ditempuh dengan mengelilingi wilayah Banyuwangi dan dipuncaki dengan berpacu mendaki Gunung Ijen yang merupakan gunung berapi aktif yang terkenal di dunia dengan fenomena "Blue Fire"-nya.

"Promosi pariwisata Banyuwangi lewat ajang Tour de Banyuwangi Ijen cukup bagus. Kementerian Pariwisata akan mendukung," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat konferensi pers ITdBI di kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (20/4).

Arief mengatakan, pihaknya tahun ini mendukung promosi Banyuwangi Festival, terutama untuk tiga event besar, yaitu ITdBI, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Festival Gandrung Sewu. Total dukungan dana promosi Kemenpar untuk tiga event tersebut Rp 1,5 miliar.

Event Coordinator Banyuwangi Festival, Choirul Ustadi, mengatakan, ITdBI bukan sekadar ajang olahraga, tapi merupakan kemasan promosi pariwisata. 

"Dengan melewati berbagai kawasan dan rute yang bervariasi, para pebalap akan ditunjukkan keramahan warga dan keindahan alam Banyuwangi. Ini sesuai dengan konsep sport tourism ITdBI, di mana ajang olahraga berpadu dengan strategi pengembangan pariwisata," ujar Ustadi.

ITdBI akan diikuti para pebalap dari 27 negara, antara lain, Perancis, Belanda, Kolombia, Kanada, Amerika Serikat, Jepang, Portugal, Uni Emirat Arab, Denmark, Thailand, Iran, Spanyol, Filipina, Malaysia, Australia, Korea, Tiongkok, Italia, Uzbekistan, dan Indonesia.

Mereka tergabung ke dalam 20 tim yang terdiri atas 14 tim luar negeri (termasuk continental team) dan 6 tim dalam negeri. 

JAKARTA - Perhelatan balap sepeda International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) kembali digelar. Tahun ini, ITdBI dihelat selama empat hari pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News