Pecahkan Rekor, Bang Ara Jadi Duta Reak Sunda

Pecahkan Rekor, Bang Ara Jadi Duta Reak Sunda
Anggota DPR dari PDIP Maruarar Sirait (tengah bekaus merah muda) bersama para seniman reak di Sumedang, Minggu (15/4). Foto: RMOL/JPG

jpnn.com, SUMEDANG - Legislator PDI Perjuangan Maruarar Sirait menyandang sebutan baru. Namanya Duta Reak.

Adalah Original Rekor Indonesia (ORI) yang menyematkan gelar Duta Reak kepada kepada anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Barat IX yang meliputi Sumedang, Majalengka dan Subang itu. Sebelumnya, Ara -panggilan akrabnya- menginisiasi pertunjukan reak di Gedung Sarana Olahraga Graha Satria Jatinangor, Minggu (15/4).

Sekitar 56 grup reak tampil dalam pertunjukan dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-440 Kabupaten Sumedang itu. Tak kurang dari 2.329 pemain reak ikut menyemarakkan acara yang juga untuk peringatan HUT ke-18 Kecamatan Jatinangor itu.

Ketua ORI Agung Elvianto mengatakan, acara itu mampu menyedot ribuan orang untuk hadir. Menurutnya, Ara mampu menampilkan wajah positif reak.

"Reak yang biasanya berkonotasi negatif, misalnya mabuk-mabukan, tapi dalam acara ini gak ada. Pak Maruarar berhasil menampilkan kegiatan reak yang begitu positif,” ujar Agung, Senin (16/4).

Karena itu, Agung menganggap Ara punya komitmen kuat untuk melestarikan budaya Sunda. “Kami juga mengangkat Pak Maruarar sebagai Duta ORI untuk Reak Budaya Sunda," sebutnya.

Lebih lanjut Agung mengatakan, tidak mudah mengumpulkan puluhan grup reak dan ribuan pemainnya dalam satu event. Namun, Ara bisa melakukannya dan acaranya pun berjalan lancar.

"Ini merupakan prestasi yang luar biasa," ungkap Agung.

Maruarar Sirait mengumpulkan 2.329 pemain reak yang tergabung dalam 56 grup untuk tampil dalam acara HUT ke-440 Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News