Jumat, 22 Juni 2018 – 07:03 WIB

Pedas, Harga Cabai Naik Tiga Kali Lipat

Kamis, 11 Januari 2018 – 10:00 WIB
Pedas, Harga Cabai Naik Tiga Kali Lipat - JPNN.COM

Natal dan tahun baru sudah berlalu. Namun, harga sayuran jenis cabai di Bandarlampung tak kunjung turun.

Bahkan, harganya terpantau mengalami kenaikan di awal tahun ini.

Menurut pedagang cabai di Pasar Tamin, Bandarlampung, Budhar, 42, harga cabai perlahan naik sejak November tahun lalu. Lonjakan harga tertinggi terjadi pada cabai jawa yang mencapai tiga kali lipat dari harga semula.

Jenis cabai yang biasa disebut cabai setan ini mengalami kenaikan dari Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp60 ribu per kg.

Kemudian jenis cabai merah dari semula berada di kisaran harga Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu per kg. Sedangkan cabai rawit dari harga Rp42 ribu menjadi Rp46 ribu per kg.

Hal serupa terjadi di Pasar Gintung. Di pasar ini, harga capai terpantau lebih tinggi. Untuk cabai merah dari Rp38 ribu per kg menjadi Rp43 ribu. Dan cabai rawit mengalami kenaikan dari Rp40 ribu per kg menjadi Rp50 ribu.

’’Kenaikan harga berlangsung dari tahun baru. Saya ngambil barang dari Gisting. Tadinya ya harga standar, tetapi naik terus setelah tahun baru. Katanya karena barangnya kosong,” ujar Eva Susanti, 25, pedagang sayur dan sembako di Pasar Gintung.

Tak hanya cabai, beras pun mengalami kenaikan harga signifikan. Harga beras di Pasar Tamin mencapai Rp13 ribu per Kg dari semula Rp10 ribu per Kg. Kenaikan harga berlangsung sejak awal Desember 2017, dan tak kunjung turun hingga kemarin.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar