Pedoman Ginekolog untuk Kesehatan Vagina

Pedoman Ginekolog untuk Kesehatan Vagina
Pedoman Ginekolog untuk Kesehatan Vagina

Mungkin Anda tidak akan ragu menemui dokter jika memiliki keluhan seperti nyeri lutut atau punggung dan pusing. Tapi bagaimana jika keluhannya berada di bagian intim anda? Apakah anda merasa risih?

Perempuan akan menyepelekan gejala-gejala yang melibatkan kemaluan mereka karena rasa malu atau sungkan. Beberapa bahkan tidak menyadari ketika pertama kali masalah terjadi pada bagian intimnya tersebut.

"Perempuan perlu merasa nyaman dengan anatomi mereka dan melihat vulva mereka sendiri," kata Dr Elizabeth Farrell AM, ginekolog dan direktur medis di organisasi kesehatan wanita Jean Hailes.

Mengabaikan gejala-gejala  seperti perubahan penampilan, rasa sakit atau iritasi - bisa berarti Anda bukan sekadar tidak tahu adanya kondisi kulit seperti  infeksi atau penyakit menular seksual.

Anda mungkin tidak tahu hal yang lebih buruk. Diperkirakan lebih dari 6.000 wanita Australia akan terdiagnosa menderita kanker ginekologi tahun ini.

Berbicara dengan program Podcast ABC yang baru ‘Ladies, We Need To Talk’, Dr Farrell berbagi beberapa saran tentang bagaimana mempraktekkan kesehatan ginekologi yang baik. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News