Pegang Teguh Prinsip ESG, BRI Implementasikan Konsep Green & Smart Building

Pegang Teguh Prinsip ESG, BRI Implementasikan Konsep Green & Smart Building
Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto salah satu komitmen itu direalisasikan lewat implementasi pembangunan gedung/kantor BRI dengan konsep green & smart building. Foto: Dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berkomitmen memegang teguh penerapan prinsip-prinsip Enviromental, Social dan Governance (ESG).

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto salah satu komitmen itu direalisasikan lewat implementasi pembangunan gedung/kantor BRI dengan konsep green & smart building.

Pembangunan green & smart building tersebut sejalan dengan upaya BRI untuk terus meningkatkan penerapan ESG di seluruh operasional bisnisnya.

BRI diketauhui menjadi market leader penerapan ESG di Indonesia. Selain itu, konsep tersebut juga berperan penting dalam menciptakan dampak positif terhadap iklim dan lingkungan. Sejauh ini, konsep green & smart building yang diterapkan BRI telah berkontribusi dalam mewujudkan sumber daya ramah lingkungan dalam operasional bisnisnya. 

“BRI tentu menyadari langkah menjaga kelestarian bumi perlu dijalankan sejak sekarang. Kami melihat bahwa penggunaan energi ramah lingkungan dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan, sosial, dan ekonomi”, terang Andrijanto seperti dikutip di Jakarta, Senin (10/4).

Satu langkah nyata BRI dalam implementasi konsep ini adalah berdirinya Menara BRILiaN yang mulai dibangun pada 2018 dan diresmikan pada 17 Agustus 2022 lalu. Bangunan yang terletak di lahan seluas 8.200m2 berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan itu, mencatatkan penghematan listrik hingga 19,49 persen diiringi tingkat penurunan emisi sebesar 19,49 persen.

Menara BRILiaN telah mendapat greenship certificate building version 1.1 dengan kategori gold dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Artinya, Menara BRILiaN secara life cycle-nya, dimulai dari tahap perencanaan, pembangunan, pengoperasian, pemeliharaan, hingga renovasinya mampu menciptakan dampak positif terhadap iklim dan lingkungan.

Upaya optimalisasi konsep tersebut terus dilakukan dengan menargetkan Menara BRILiaN tersebut mencapai kategori yang sama (gold) untuk greenship certificate versi 1.2.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berkomitmen memegang teguh penerapan prinsip-prinsip Enviromental, Social dan Governance (ESG).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News