Pegiat Seni Puji Kepedulian Bang Ara pada Budaya Sunda

Pegiat Seni Puji Kepedulian Bang Ara pada Budaya Sunda
Maryarar Sirait (berdiri di depan nmor 3 dari kiri) dalam acara di Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (10/3). Foto: RMOL/JPG

jpnn.com, MAJALENGKA - Anggota Komisi XI DPR Maruarar Sirait mengunjungi konstituennya di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (10/3). Dalam kesempatan itu, Ara -panggilan Maruarar- menegaskan komitmennya untuk aktif memajukan budaya Sunda.

Agenda Ara dalam kunjungan kerjanya dimulai dengan pembukaan kaderisasi Taruna Merah Putih yang dihadiri ratusan kader dari 26 kecamatan se-Majalengka. Selanjutnya, politikus PDI perjuangan itu menghadiri turnamen catur Piala Bupati Majalengka.

Agenda Ara selanjutnya adalah temu kader PDI Perjuangan, hingga diakhiri pertunjukan budaya. Politikus alumnus Universitas Parahyangan Bandung itu menuturkan, kunjungan perseorangannya ke Majalengka dalam rangka menyerap aspirasi.

Ara yang juga ketua umum Taruna Merah Putih membeber idenya untuk memajukan komunitas budaya Sunda. Yakni mengembangkan Pusat Budaya Sunda di Desa Tolengas, Kabupaten Sumedang.

“Ini demi memajukan Desa Tolengas. Maka kami akan buat pentas seni di Situ Sari yang khas dengan Tolengas,” kata Ara.

Masyarakat pun tampak antusias menyambut rencana Ara. Sepekan lalu, Ara dalam rangka reses juga menggelar pentas seni di Desa Tanjungsari, dengan mengumpulkan berbagai jenis komunitas kebudayaan dari 26 kecamatan di Majalengka.

Sedangkan Kang Joko dari Paguyuban Sukma Sajati mengapresiasi kepedulian Ara terhadap komunitas-komunitas budaya Sunda. Dalam beberapa kegiatan pentas seni yang dinisiasi Ara, katanya, sejumlah komunitas budaya Sunda juga aktif terlibat.

Joko lantas menyebut komunitas seni yang sering ikut dalam pentas-pentas budaya yang diinisiasi Ara. Antara lain Komunitas Kuda Renggong, Pencak Silat Panca Buana, Reak, Seni Obrog dari Jatinangor, Paduan Suara SMA 1 Negeri Tomo, Seni Kolaborasi Etnik Moderen SMK 1 Tomo, MTS 2 Sumedang, serta marawis.

Anggota DPR Maruarar Sirait membeber idenya untuk memajukan komunitas budaya Sunda. Yakni mengembangkan Pusat Budaya Sunda di Desa Tolengas, Kabupaten Sumedang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News