Pekan Ini, Naskah Soal Unas Siap Dicetak

Pekan Ini, Naskah Soal Unas Siap Dicetak
Pekan Ini, Naskah Soal Unas Siap Dicetak
JAKARTA - Proses pencetakan naskah soal Ujian Nasional (Unas) 2011 akan seegra dilakukan pada pekan ini. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Mansyur Ramli mengatakan, proses pencetakan naskah Unas bisa segera dilakukan, karena proses tender percetakan telah selesai. "Soal Unas sudah siap dicetak minggu ini," tegas Mansyur, di Jakarta, Minggu (20/3).

Dijelaskan Mansyur, sebelumnya Kemdiknas telah memperketat seleksi peserta tender, dengan melakukan kunjungan langsung ke perusahaan percetakan sebelum mengikuti tender, sebagai bagian dari proses verifikasi. "Kita harap pemenang tender nantinya merupakan perusahaan berkualitas. Untuk itu, kita perketat seleksi menuju tender, dengan melakukan kunjungan langsung untuk verifikasi," terangnya.

Mansyur mengungkapkan, dalam hasil peninjauan ke percetakan soal Unas itu, ditemukan ada peserta tender yang telah masuk dalam daftar hitam atas penyelenggaraan Unas tahun lalu. Walau tidak secara resmi menyatakan (perusahaan itu) di-black list, namun Kemdiknas berharap percetakan yang bermasalah tahun kemarin tidak ikut lagi di tahun 2011 ini. "Misalkan percetakan yang lalai, sehingga menyebabkan terjadinya kebocoran soal, seharusnya tidak masuk lagi di tahun ini," tegas Mansyur.

Adapun peserta tender, disebutkan Mansyur pula, minimal harus berjumlah tiga perusahaan di setiap daerahnya. Jika tidak, maka akan dilakukan tender ulang. Namun jika belum terpenuhi juga, gubernur setempat terpaksa akan melakukan penunjukan langsung kepada satu perusahaan.

JAKARTA - Proses pencetakan naskah soal Ujian Nasional (Unas) 2011 akan seegra dilakukan pada pekan ini. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News