Pekerja Indonesia Didominasi Lulusan SD

Pekerja Indonesia Didominasi Lulusan SD
Pekerja Indonesia Didominasi Lulusan SD
JAKARTA - Perkembangan situasi ketenagakerjaan di Indonesia belakangan ini menggambarkan perubahan yang cukup signifikan ke arah yang lebih baik. Salah satu indikasinya adalah meningkatnya angkatan kerja yang terserap pasar kerja dan menurunnya tingkat pengangguran setiap tahun.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, berdasarkan data dari  Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran di Indonesia per Februari  2013 terus  menurun menjadi 7,17 juta orang (5,92 persen) dari jumlah angkatan kerja di Indonesia yang mencapai 121,2 juta orang.

"Namun dibalik itu, profil pekerja di Indonesia ternyata masih didominasi oleh lulusan Sekolah Dasar," kata Muhaimin di Jakarta, Sabtu (1/6).

Dia menyebutkan, berdasarkan data BPS, jumlah penduduk bekerja dengan pendidikan SD ke bawah mencapai 54,6 juta orang (47,90 persen). Sisanya lulusan SMP mencapai  20,3 juta orang , lulusan SMA 17, 8 juta orang, SMK sebanyak 10, 2 juta orang.

JAKARTA - Perkembangan situasi ketenagakerjaan di Indonesia belakangan ini menggambarkan perubahan yang cukup signifikan ke arah yang lebih baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News