Pekerja Konstruksi Asing Ancam Tenaga Lokal

Pekerja Konstruksi Asing Ancam Tenaga Lokal
Pekerja Konstruksi Asing Ancam Tenaga Lokal
SURABAYA - Era perdagangan bebas membuat persaingan SDM (sumber daya manusia makin ketat di tanah air. Termasuk, jasa konstruksi. Tenaga-tanaga ahli konstruksi dari negeri jiran yang lebih kompeten bisa menggusur porsi tenaga lokal.

"Harus diwaspadai masuknya tenaga-tenaga asing di proyek-proyek konstruksi tanah air. Di satu sisi, kita kehilangan devisa. Di sisi lain tenaga kerja kita semakin terjepit hadirnya tenaga asing," kata Sekretaris II Lembaga Pengembangan Jasa Konstuksi Daerah (LPJKD) Jatim, Soetarmo, saat ditemui di sela Pelatihan dan Uji Kompetensi Tenaga Terampil di Gedung Balai Diklat Dinas PU Jatim.

Tanda-tanda makin banyaknya tenaga asing masuk sudah terlihat pada tahun lalu. Ini seiring masuknya badan usaha asing bidang konstruksi yang tercatat 150 perusahaan pada 2010. Lima tahun berikutnya diproyeksikan ada 1.500 perusahaan asing yang masuk. "Masuknya perusahaan-perusahaan asing ini akan secara tidak langsung juga membawa tenaga-tenaga ahli sendiri," ujarnya.

Seandainya, tambah dia, perusahaan jasa konstruksi itu membutuhkan tenaga dari lokal. Maka, SDM tersebut harus berkompeten. "Minimal, mereka memiliki sertifikat yang diakui instansti terkait," paparnya.

SURABAYA - Era perdagangan bebas membuat persaingan SDM (sumber daya manusia makin ketat di tanah air. Termasuk, jasa konstruksi. Tenaga-tanaga ahli

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News