Pelabuhan Mangkrak, Rano Karno Tunggu Kepastian dari Jokowi

Pelabuhan Mangkrak, Rano Karno Tunggu Kepastian dari Jokowi
Ilustrasi pelabuhan peti kemas internasional/

jpnn.com - SERANG- Banyak masalah di dalam negeri yang belum terselesaikan di tengah kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Amerika Serikat. Salah satu masalah itu adalah kelanjutan pembangunan pelabuhan internasional Bojonegara, Banten.

Gubernur Banten Rano Karno mempertanyakan sikap Presiden Jokowi terkait kelanjutan pembangunan Pelabuhan Internasional Bojonegara. Itu karena dia tahu dan telah menyaksikan langsung, bahwa kondisi pelabuhan mangkrak dan sudah berubah fungsi menjadi pelabuhan curah kering.

Gubernur Banten Rano Karno di Pendopo KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (26/10) mengatakan, Pelabuhan Bojonegara yang telah diresmikan pada 2003 oleh Presiden Megawati, harus dibangkitkan lagi seperti rencana semula.

"Saya sudah sampaikan hal itu ke Pak Jokowi . Sekarang ini, masih menunggu kepastian dari pemerintah," kata Rano.

Dia menuturkan, Pelabuhan Bojonegara nantinya dapat  menjadi pelabuhan peti kemas terbesar di Indonesia setelah Tanjung Priuk. "Pelabuhan Bojonegara sudah masuk program nasional. Hanya saja beberapa waktu lalu pemerintah akan melanjutkan Cilamaya, tapi
 perkembangan terakhir, di Cilamaya ada kendala pipa Pertamina sehingga menjadi masalah serius," katanya.

Terpisah, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah mengatakan, kelanjutan Pelabuhan Bojonegara dapat terealisasi sesuai rencana awal. Apalagi hal tersebut menjadi program kerja Jokowi, di mana akan mengoptimalkan poros maritim di Indonesia.

"Saya rasa harus segera ditindaklanjuti dengan segera melakukan kajian ulang terhadap kondisi Pelabuhan Bojonegara," ungkapnya. 

Pengkajian tersebut, kata dia, karena  mangkraknya pembangunan pelabuhan tersebut, akibat adanya anggapan bahwa kapal besar akan mengalami kesulitan dan hambatan pada saat akan sandar.

SERANG- Banyak masalah di dalam negeri yang belum terselesaikan di tengah kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Amerika Serikat. Salah satu masalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News